Kesaksian Warga Melihat Pesawat TNI AU sebelum Jatuh di Pasuruan

Pesawat Super Tucano bernomor ekor TT 3111 milik TNI AU jatuh dan terbakar di lahan pertanian warga di Kecamatan Lumbang, Kab. Pasuruan, Jawa Timur, Kamis, 16 November 2023. Sumber: twitter.com

IDEALOKA.COM (Pasuruan) – Sebelum ramai informasi dua pesawat TNI AU yang jatuh di Kabupaten Pasuruan, warga Kabupaten Malang sempat melihat empat pesawat tempur TNI Angkatan Udara yang melintas di sekitar Gunung Arjuna di Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Kamis siang, 16 November 2023.

“Kebetulan tempat kerja saya dekat lereng Gunung Arjuna. Saya sempat melihat ada empat pesawat perang (tempur) terbang beriringan pada Kamis siang dan melewati sekitar lereng Gunung Arjuno,” kata warga Desa Tawangargo, Syauqi, Jumat, 17 November 2023.

Read More

BACA: Latihan Formasi, Dua Pesawat TNI AU Jatuh di Pegunungan Dekat Bromo

Empat pesawat tersebut diduga pesawat Super Tucano milik TNI AU yang sedang latihan membentuk formasi. Namun, dua di antaranya mengalami kecelakaan dan terjatuh di lokasi berbeda di pegunungan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dua pesawat Super Tucano yang nahas tersebut bernomor ekor Tempur Taktis (TT) 3111 dan TT 3103. Pesawat bernomor TT 3103 ditemukan jatuh di bawah lereng bukit Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, dan pesawat bernomor TT 3111 ditemukan jatuh di lahan pertanian Kecamatan Lumbang.

BACA: Dugaan Sementara Penyebab Jatuhnya Dua Pesawat TNI AU di Pasuruan

Syauqi menceritakan sebelum ada berita pesawat jatuh, keempat pesawat terlihat membentuk formasi di langit Kabupaten Malang. “Posisi pesawat formasi 2-2, depan-belakang dan kiri-kanan,” ujarnya.

Menurutnya, keempat pesawat menuju arah timur-utara atau timur laut. “Jam segitu sepertinya menuju ke TKP pesawat jatuh,” ujarnya.

Syauqi menambahkan kawasan sekitar biasa dilintasi pesawat yang sedang latihan atau sedang melaksanakan tugas penanganan bencana. “Sebelumnya terlihat helikopter yang membantu pemadaman kebakaran di Gunung Arjuna,” ujarnya.

BACA: Empat Awak dari Dua Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan Dievakuasi

Jika dilihat di peta, arah timur atau timur laut dari Malang adalah Kabupaten Pasuruan. Jika ditarik lurus, jarak lokasi pesawat terlihat di sekitar Gunung Arjuna dengan lokasi jatuhnya pesawat sekitar 40 kilometer. Sedangkan jarak tempat take off pesawat dari Lanud Abdulrachman Saleh dengan lokasi jatuhnya pesawat sekitar 26 kilometer di timur laut.

Empat korban terdiri dari dua pilot dan dua kopilot sudah ditemukan dan aparat terkait sedang melakukan penyelidikan dan evakuasi bangkai pesawat.

BACA: Tiga Peleton Polisi Jaga Lokasi Jatuhnya Dua Pesawat TNI AU di Pasuruan

“Seluruh jenazah korban sudah berhasil dievakuasi,” kata Kapolsek Puspo AKP Kuncoro, Jumat, 17 November 2023.

Kepolisian bertugas mengamankan sekitar lokasi kejadian termasuk di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo. “BKO dari Brimob, Polda Jatim, dan anggota Polres Pasuruan. Kurang lebih tiga peleton,” kata Kuncoro. (*)

Related posts

Leave a Reply